Mengembangkan Gagasan Skenario: Menggunakan Gambar Untuk Memicu Imajinasi Anda

Ada berbagai cara untuk mengembangkan ide-ide hebat untuk skenario – salah satu favorit saya, dan yang sering saya gunakan dengan siswa saya, menggunakan gambar visual sebagai sumber inspirasi.

Film terutama adalah media visual, dan kita terus-menerus diserang oleh gambar visual – diperkirakan bahwa manusia mendapatkan sekitar 80% dari masukan sensorik mereka secara visual – tetapi penulisan skenario, dengan nama yang sangat, menggunakan media kata untuk bercerita. Tetapi jika ide orisinal Anda, benih dari cerita yang Anda ceritakan, berasal dari sebuah gambar, itu dapat membantu Anda tetap berhubungan dengan visual saat Anda menulis skrip Anda.

Teknik ini sederhana – yang Anda butuhkan hanyalah setumpuk majalah lama dan gunting. Kemudian mulailah mencari gambar yang menarik perhatian Anda – mereka dapat berupa apa saja, foto atau animasi, iklan, gambar selebriti, kartun, apa pun yang menarik bagi Anda.

Ketika Anda melakukan ini, biarkan pikiran Anda mengembara, jangan khawatir pada titik ini apakah gambar ini segera memberi Anda ide cerita – yang dapat datang kemudian. Pada titik ini, yang penting adalah gambar itu menarik perhatian Anda.

Telusuri beberapa majalah dan gunting beberapa gambar sehingga Anda punya pilihan. Sekarang, ambil setiap gambar dan tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan sederhana yang akan memungkinkan munculnya cerita potensial. Jenis pertanyaan yang Anda ajukan dapat meliputi:

  • Apakah ada tokoh utama untuk cerita Anda dalam gambar? Jika ya, siapa orang ini? Apa yang kamu ketahui tentang mereka?
  • Dimana mereka? Lokasi yang berbeda bisa di dalam dan dari diri mereka sendiri memulai proses kreatif Anda mengalir.
  • Kenapa mereka di sana? Apakah mereka ada di sana melalui pilihan? Ataukah mereka harus ada di sana?
  • Bagaimana perasaan mereka? Apa emosinya?
  • Apakah ada orang lain bersama mereka? Jika ya, apa hubungannya?
  • Apa yang terjadi selanjutnya? Ini pertanyaan yang bagus untuk ditanyakan ketika melihat gambar. Gambar adalah momen yang membeku dalam waktu – pekerjaan kami sebagai penulis skenario adalah untuk mengungkap cerita, memutuskan apa yang terjadi untuk membawa mereka ke titik ini, dan dari mana ceritanya berkembang dari sini.

Proses sederhana untuk menanyakan jenis-jenis pertanyaan cerita ini akan memungkinkan Anda untuk secara bertahap menemukan kisah tersembunyi di balik gambar.

Ketika Anda melakukan ini, Anda akan menemukan bahwa beberapa kisah menjadi hidup untuk Anda, yang lain adalah jalan buntu. Tidak apa-apa, hanya melakukan ini secara teratur akan membuka kunci proses kreatif Anda, dan Anda akan menemukan beberapa ide cerita muncul yang hanya menuntut untuk dikembangkan menjadi skrip lengkap. Maka yang harus Anda lakukan hanyalah menulisnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *