Tumbuhan Yang Dapat Dikomsumsi di Hutan

komsumsi tumbuhan

Melakukan perjalanan menyusuri hutan atau memanjat gunung memang sarat dengan resiko, salah satunya resiko sehubungan dengan pangan. Banyakpermasalahan para pendaki gunung kehabisan bekal, ataupun pendaki yang tersesat di hutan, dan sebagainya. Jika demikian, maka diwajibkan beradaptasi dengan alam sekitar. Maksudnya yakni menggali sumber makanan dan air di dekat sebisa mungkin.Jika anda kehabisan air ketika perjalanan menyusuri hutan atau memanjat gunung, baca tulisan berikut: Tutorial lengkap teknik mencari air di gunung/hutan. Jika anda kelaparan, atau kehabisan bekal di atas gunung maka kamu dapat mencari tumbuh-tumbuhan yang tumbuh di sekitarmu guna dimakan/dimasak. Nah, di tulisan Infopendaki.com ini bakal kita kupas beberapa jenis tanaman gunung/hutan yang dapat dikonsumsi (mentah atau dimasak).Secara singkat andai kita hendak tahu tanaman yang dapat dimakan makasimaklah sekilas warna, dan batangnya. Yang jelas warnanya hijau, dan batangnya gembur/berisi air. Jika anda bertemu dengan monyet atau kera sedang memakan buah/tumbuhan, maka buah tersebut pantas konsumsi.Dan tanaman yang mesti anda hindari/jangan dimakan spesifikasinyalaksana ini:– tanaman berbulu– tanaman gatal– bau menyengat– bergetah– buahnya pahit dan berlendir– tidak boleh makan tanaman yang buahnya berwarna unguBeberapa tumbuhan dapat dimakan mentah atau sebagai snack, namun sejumlah lagi lebih nikmat andai dimasak (rebus atau tumis). catatan: lebih nikmat dan aman andai dimasak dengan air campur garam. Berikut ini https://betwin188.website/ mengutip cara survival dengan mengetahui susunan tumbuhan yang dapat di santap di gunung atau di hutan

1.      Cantigi Cantigi tidak sedikit tumbuh di puncak-puncak gunung. Daunnya yang pucuk (muda) dapat dimakan meskipun rasanya agak masam dan sepet.

2.      Semanggi Daun semanggi atau clover yang biasa ditemukan di kaki gunung juga dapat dimakan. Daun Semanggi teksturnya tipis dan kecil dan biasa ditemukan di dataran tidak terlampau tinggi.

3.      Pohpohan Daun pohpohan adalahsalah satu menu guna lalapan dan tentunya dapat dimakan.

4.      Buah lo Buah lo ialah buah yang biasa dimakan rusa. Buah ini biasa ditemukan di hutan. Buah lo dapat dimakan mentah maupun matang. Rasanya agak masamandai dimakan mentah, tetapi manis andai sudah dimasak/rebus

5.      Selaginella Selaginella mempunyai tekstur daun laksana paku-paku. Oleh karenatersebut tumbuhan ini dikelompokkan dalam kelompok tumbuhan paku-pakuan. Daun Selaginella berwarna hijau, terdapat pula yang merah dan kebiru-biruan. yang warna hijau dapat dimakan yaitu dengan merebusnya dahulubakal lebih baik.

6.      Ilalang Ilalang atau sejenis rumput ini paling sering dijumpai di gunung. Sering kali kita menyaksikan ada orang mengemut batang ilalang, dan sepertinyatersebut keren. Namun tidak sedikit yang tidak tau, memang ilalang itudapat dimakan. Supaya lebih tidak sedikit kandungannya maka makanlah akarnya

7.      Lamb’s Quarter Tumbuhan ini buahnya dapat dimakan dan daunnya dapat dimasak (seperti bayam) tumbuhan ini mengandung vitamin yang sangat tinggi.

8.      Rotan Rotan tidak sedikit ditemukan di hutan Kalimantan. Tumbuhan ini dapat dimakan juga, tetapi harus melewati proses pembersihan yang lumayan lama yakni dimurnikan duri-duri batangnya dengan dibakar. Kemudian keluarkan isi batangnya, isinya itu yang dimakan. Buah rotan juga dapat dimakan, melulu saja rasanya pasti tidak enak.

9.      Kincung Tumbuhan ini mempunyai bunga berwarna merah muda, batangnya panjang dan daun lebar. Tumbuhan kincung biasa dimasak sebagai menu lalapan sama ikan bakar.

10.     Cattails Tumbuhan ini dapat dijumpai di pinggiran sungai atau danau. Bentuk batangnya serupa ilalang, dan dapat dimakan laksana ilalang yaitu batang dan akarnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *